Selasa, 09 April 2013

Janis Joplin biography

Janis Joplin

JANIS JOPLIN..(MC meneriakkannya di panggung WOODSTOCK 1969)
hahaha...alunan indah musik tahun 60' ini mungkin jarang terdengar di telingga kisanak semua, yang selalu dibombardir oleh lagu-lagu top 40 dan lirik mendayu setengah melayu. yups...jika anda tahu dialah sang biduan Blues Rock paling legendaris. lengkingan teriakan penuh energi dari seorang wanita ini selalu membumbung dikamarku. Penyanyi perempuan  terbesar dalam sejarah rock n roll, ratu rock sejati, Pemberontak, Janis Joplin adalah sebuah nama yg tidak bisa dihapus dari sejarah musik rock dunia.

Dia menambah jumlah meteor musik rock, orang yang dikaruniai bakat cemerlang,melaju pesat kepuncak kemasyuran, lalu mati muda. Hidup janis tak cuma grafik ledakan popularitas, tepuk tangan rìuh para penggemar,atau jepretan kamera, media masa, tapi juga rentetan panjang tkanan sosial dan matarantai,kekecwaan yg panjang, Dia bukan cinderela yg dipuja karean jelita. malah sebenarnya si rambut pirang ini bagaikan itik buruk rupa port arthur dan bermetamorfosis jadi burung merak,dikawasan seniman Haight ashbury DENGAN SEJUMLAH LUKA BATIN. andai janis hidup pada era sekarang ini mungkin dunia akan terasa lebih ramah baginya.dengan bakat kmampuan vokal,dan intelektualitasnya, dunia yang lebih terbuka ini memberikan apa saja yang bisa menjdikanya bintang, walaupun dia bukan wanita rupawan, sayang janis tumbuh pada tahun 60-an, awal era kebebasan sekaligus masa keemasan chauvinisme laki2 ,saat perempuan dipuja sbgai obyek seksual belaka. keinganan janis agar wanita setara dengan pria dlm sgala hal, dianggap mengingkari jatidiri sebagai wanita.Janis memang ibarat kembang yang tmbuh ditempat salah. Dia dilahirkan dengan nama JANIS LYN JOPLIN 19januari 1943,di port arthur,texas, ayahnya seth joplin, keturunan yahudi, yang bekerja di salah satu perusahaan minyak dikota itu, membimbing keluarganya dengan nilai dan gaya tradisional, masa kanak-kanak janis ,sulung dari 3 saudari, seperti kanak-kanak keluarga menengah konvesional yang lain,rajin sekolah dan gereja, belajar jadi wanita baik,di sekolah janis menunjukan kelebihannya, terutama pelajaran yg berhubungan dengan kreativitas seperti pelajaran sastra dan kesenian,namun pada masa puber dia jerawatan rambut kusut masai, akibatnya dia tak populer di lingkungan gaul sebayanya. Dia bergaul dgn anak lelaki dan mnjadi tomboy, bersama mereka dia tertawa keras begadang semalaman. Dan minum bir sampe mabuk. Smua teman wanita tak cuma mencemooh, tapi juga memanggilnya miss Piggy, sebutan baby membuat janis amat terhina, dia sering memukul cewek yang coba melecehkanya,dia berani berkelahi untuk itu, "tutur cliff dalam the Obsessions n passions of janis joplin,biografi janis yang ditulis oleh Ellis Amburn.
Nama janis yang buruk di luaran membuat orangtuanya marah besar,janispun makin merasa terbuang. Dalam suasana rawan itu seorang teman meminjami piringan hitam berisi lagu2 BESSIE SMITH,vokalis blues negro, yang legendaris. Segera janis jatuh hati pada blues.Dia selalu menyanyikn lagu bessie sambil bermimpi kelak mnjadi penyanyi blues terkemuka,bagi janis besì bkn skedar inspirator tp model kehidupan. Apalagi dia merasa bahwa dia dan bessie smith sama-sama hidup sengsara." SHE'S A REASON I STARTED TO SING' kata Janis. Tahun 1962 janis kuliah di Univ.Texas, waktu itu budaya beatnik, blues n folk rock sedang tmbuh subur.Janis yang bertekad jadi penyanyi mencoba menyanyi diberbagai pub, saat itu pula si penyair jalanan, jack kerouac tengah naik daun. janis yg mendewakan kerouac,dan gaya hidup beatnic tentu tak cocok dengan kehidupan kampus yang masih steril. kuliah cuma untuk belajar dan belajar, saat gadis kampus lain bergaun dan menggenakan sepatu hak tinggi,janis malah kuliah dengan celana jeans dan bertelanjang kaki, rambut keriting dan wangi lagi jadi mode tapi rambut janis malah kusut dan awut-awutan.
Untuk menghibur dan membangkitkan rasa percaya diri dia mulai menenggak alkohol dan berulang kali mabok. Akibatnya dia makin dikucilkan dikampus dan dapat julukan manusia terjelek, janis yg mrasa putus asa dengan lingkungan segera mengemas koper dan menumpang mobil menuju san fransisco. Tanpa menamatkan studinya di bangku kuliah.
Berkelana di San francisco dan menjadikan kedai-kedai kopi dan pub sebagai tempat belajarnya menyanyikan lagu-lagu blues folk dengan iringan musik akustik. dan kemudian merapatkan diri untuk bergabung dengan band Big Brother. seringnya tampil dengan band barunya dengan vokal khas yang berteriak merintih dan meledak-leda mengundang ketertarikan bagi sejumlah orang. pada tahun 1968 Janis memilih untuk ber-solo karier dan melambungkan namanya di dunia music era itu.

Tour habis-habisan dilakoninya sebagai timbal balik atas kemasyurannya membuat dirinya tak lagi dapat menikmati kehidupannya. banyak kritikan pedas dan tajam perihal konser dan albumnya membuat Janis semakin mendekatkan dirinya pada drug, alcohol. Namun karena album PEARL yang dapat membuktikan bahwa dirinya adalah yang terbaik bagi musiknya dan kehidupan ke semua penikmat musik rock blues.
Karena kecanduannya pada obat-obatan terlarang Pada 4 oktober 1970,disbuah kmar hotel di holywood, janis ditemukan tewas, Kelebihan HEROIN telah mencabut nyawanya. rekaman yg sedang ia garap brsama band barunya FULL TILL BOOGIE ,dan tggl 1 lagu belum diisi vokal terhenti,rekaman yg lalu diberi judul PEARL, nama julukn janis, laris terjual, dan sempat menempati posisi puncak selama sembilan pekan pada tahun 1971.
Karier janis joplin berumur pendek,tapi betapa besar jejak yg ditinggalkanya, Bukan hanya suaranya yg menggetarkan dgn jangkauan yg menakjubkan dan lengkingan yang kuat dan ganjil, menyaksiakn dia sama saja menjebloskan diri ke dalam pusaran perasaan yang tak mungkin bisa diungkapkn dengan kata kata.
So...matikan lampu kamarmu, putar album Janis Joplin, Nikmati dengan mata terpejam...rasakan energi hebat dari biduan Blues Rock terbesar dalam sejarah, ehmm..beginilah seharusnya kualitas entertainer sejati. \m/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar