Minggu, 17 Maret 2013

Boigrafi TAD

Tad adalah sebuah band grunge Amerika dari Seattle, Washington yang dipimpin oleh Tad Doyle. Di antara yang pertama dari banyak band yang datang dari Seattle di era grunge, Tad terkenal karena fakta bahwa musik harus terlihat Black Sabbath dan pengaruh Melvins, bukan punk yang dipengaruhi banyak band grunge lainnya. Meskipun keberhasilan komersial mereka terbatas, musik mereka masih sangat dihormati di kalangan penggemar grunge.




Sejarah
 

Dipimpin oleh Tad Doyle (lahir Thomas Doyle) pada vokal dan gitar, Tad dibentuk pada awal 1988 oleh Doyle dan bassist Kurt Danielson, yang bertemu saat di sebuah perjamuan Kristen. Mereka sebelumnya bermain bersama ketika band Bundle Danielson dari Hiss bermain dengan band sebelumnya Doyle (di mana ia memainkan drum) H-Jam. Doyle juga sebelumnya dimainkan dalam Gang of Four cover band called Red Set. Mereka merekrut drummer Steve Wied (sebelumnya dari (formerly of Skin Yard and Death and Taxes) dan gitaris Gary Thorstensen (mantan Treeclimbers) untuk melengkapi lineup asli.
Tad merupakan salah satu band pertama yang menandatangani kontrak dengan Sub Pop Record dan mungkin adalah pelopor pertama dari apa yang harus kemudian disebut grunge sebagai warna. Pada tahun 1987, Doyle telah merilis "Daisy/Ritual Device" tunggal pada Sub Pop, diproduksi oleh produser mani Seattle Jack Endino, yang Doyle menulis dan melakukan semua musik. debutnya Tad album god's ball's muncul pada awal 1989 dan juga diproduksi oleh Endino. Pada bulan Maret 1990 band ini merilis Salt Lick EP, dicatat oleh Steve Albini. Single "Wood Goblins" dirilis pada tahun yang sama, tapi rupanya dilarang oleh MTV. Setelah tur Eropa dengan Nirvana, Tad kembali ke Seattle dan merekam album kedua mereka 8-Way Santa (1991), dinamai jenis asam tinta. Diproduksi oleh grunge yang terkenal 90-an dan alternatif produser Butch Vig (lebih dikenal dengan Nevermind milik Nirvana, Smashing Pumpkins yang "Siamese Dream" dan sebagai drummer untuk garbage band, album ini jauh lebih pop berorientasi dari pendahulunya, menampilkan lagu-lagu seperti "Jinx", " Stumblin man '"dan" Jack Pepsi "." Jack Pepsi "dirilis sebagai single, tapi Pepsi mengajukan gugatan terhadap band karena cover art pada tunggal, yang merupakan logo Pepsi dengan" Tad "di tempat" . PEPSI "Namun, yang disebut" logo Pepsi "telah hilang pewarnaan kiri dan kanan di logo Pepsi yang sebenarnya, yang satu dari warna biru muda; mengatakan warna biru muda pernah muncul pada karya seni Tad, membuat ini paling-paling merupakan upaya "seni rakyat", bahkan tidak datang dekat dengan "pelanggaran hak cipta". Gugatan lain diajukan karena sampul 8-Way Santa (yang adalah gambaran menemukan seorang pria cumbuan payudara wanita) Pasangan itu dalam foto. , salah satunya telah sejak menjadi Kristen yang dilahirkan kembali dan menikah kembali, mengambil pengecualian dan digugat. Sub Pop mengubah cover album untuk group shot.

Setelah bertindak sangat singkat di single, Tad ditawari kesempatan dilebel besar pertama, oleh Giant record. Namun, Steve Wied pergi, bergabung Willard, dan kemudian Foil. Rey Washam (sebelumnya dari (Scratch Acid) diisi secara singkat pada drum pada tahun 1991 namun kemudian diganti oleh Josh Sinder, sebelumnya dari Josh Sinder. Sinder debutnya dengan Tad rilisan pada terakhir mereka di Sub Pop, yang " the Salem/Leper" single (which featured "Mud-Man," Josh's apparently mumps-afflicted brother, on the cover), debut mereka yang Inhaler di major label, muncul di akhir tahun untuk review positif. Rekor gagal menembus band Namun, meskipun mereka dipilih untuk band pembuka untuk Soundgarden pada tahun 1994 pada tur Superunknown mereka.

Pada tahun 1994, band ini merilis Alien Broadcasts on Futurist Records, yang merupakan studio rekaman live terbaik . Thorstensen meninggalkan tetapi mereka dijamin kesepakatan besar-label kedua dengan EastWest / Elektra Records pada tahun 1995 merilis album kelima mereka Infrared Riding Hood. Namun, dalam waktu satu bulan rilis, Artis band dan perwakilan repertoar dipecat. Sebagai akibat dari terminasi yang representatif, semua band menandatangani dan album mereka berhenti produksi, terlepas dari konten. Mereka terus manggung untuk sisa tahun sebelumnya Sinder left untuk the Hot Rod Lunatics. Ia digantikan pada drum oleh Mike Mongrain dari Foil. Tad single akhir "Oppenheimer's Pretty Nightmare/Accident on the Way to Church" muncul pada tahun 1998 di Up record. Setahun kemudian band ini dibubarkan.
Setelah perpisahan Tad, Doyle terbentuk Hog Molly pada tahun 2001 dengan Willard bassis Ty Garcia, dan  50 paces guitarist Martin Chandler, merilis album Kung-Fu Cocktail Grip  akhir tahun yang sama. Dia kemudian membentuk Hoof band. Saat ini Tad (2008) Band Saudara dari Sonic cloth telah bermain di klub malam Seattle. Kurt Danielson melanjutkan untuk bergabung Valis, sebuah proyek yang termasuk anggota dari Screaming Trees dan Mudhoney. Kemudian ia membentuk The Quaranteens, sebuah band post-punk/new-wave dengan Craig Paul, sebelum pindah ke Prancis. Dia kembali di Seattle sejak 2008, dan telah mulai menulis novel. Danielson juga bermain di lokal band lainnya yang berbasis di Seattle termasuk Misericords dan Vaporland. Josh Sinder telah pergi untuk bermain drum dalam pemberontakan ini dan juga bermain dengan Marky Felchtone dari Zeke dalam band baru Hellbound For Glory.
Sebuah film dokumenter dari band Busted Circuits and Ringing Ears dirilis pada Februari 2008. Pada bulan Juli 2009 taddoyle.com mengumumkan rencana oleh Brother dari Sonic cloth untuk merilis split 10 "vinyl record dengan Seattle-area sludge metal band, Mico de noche, the brother Sonic cloth / Mico de Noche membagi 10" vinyl record dirilis pada bulan Oktober 2009 sebanyak 500 eksemplar dan menampilkan dua lagu oleh Mico de Noche dan satu lagu dengan Bruder dari Sonic cloth. "Fires Burn Dim in the Shadows of the Mountain" Rekor ini mendapat review positif beberapa daftar best of 2009.



Personil :
  • Tad Doyle – vocals, guitar (1988–99)
  • Joel Elman – guitar (1988)
  • Joe Garner – guitar (1988)
  • Gary Thorstensen – guitar (1988–94)
  • Kurt Danielson – bass (1988–99)
  • Steve Wied – drums (1988–91)
  • Rey Washam – drums (1991)
  • Josh Sinder – drums (1992–96)
  • Mike Mongrain – drums (1996–99)

Discography

Albums

Extended plays and singles

Compilations and soundtracks

sumber : wikipedia

http://lentengrunge.blogspot.com
FB: ghodhays Barackuda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar