Minggu, 17 Maret 2013

sekilas tentang "SUB POP"

sekilas tentang "SUB POP"

 

Sub Pop adalah label rekaman yang didirikan pada tahun 1986 oleh Bruce Pavitt dan Jonathan Poneman di Seattle, Washington. Sub Pop mencapai ketenaran pada akhir tahun 1980 untuk pertama penandatanganan Nirvana, Soundgarden, Mudhoney dan band lain dari dunia musik Seattle. Mereka sering dikreditkan dengan mengambil langkah pertama menuju mempopulerkan musik grunge, dan terus untuk mencapai kritis dan komersial sukses dalam milenium baru, dengan band-band populer seperti  Fleet Foxes, Dinosaur Jr., Foals, Beach House, The Postal Service, Flight of the Conchords, No Age, Wolf Parade and The Shins di daftar mereka.  
Pada tahun 1995 para pemilik Sub Pop menjual saham 49% dari label ke Warner Music Group.

Pembentukan
Asal-usul Sub Pop dapat ditelusuri kembali ke awal 1980-an ketika Bruce Pavitt memulai sebuah fanzine disebut Pop bawah tanah yang khusus berfokus pada Amerika label rekaman independen. Pavitt melakukan proyek untuk memperoleh kredit tentu saat menghadiri Evergreen State College di Olympia, Washington. Dengan edisi keempat, Pavitt telah memendekkan namanya menjadi Sub Pop dan mulai membuat kaset kompilasi band-band rock underground. Sub Pop # 5 kaset, dirilis pada tahun 1982, terjual dua ribu eksemplar. Pada tahun 1983, Pavitt pindah ke Seattle, Washington dan merilis edisi kesembilan dan terakhir dari Sub Pop. Sedangkan di Seattle, ia menulis sebuah kolom untuk surat kabar lokal The Rocket berjudul "Sub Pop Amerika Serikat", kolom ia berakhir pada tahun 1988.


Pada tahun 1986, Pavitt merilis LP pertama Sub Pop, kompilasi Sub Pop 100, yang menampilkan materi oleh seniman termasuk Sonic Youth, Raygun Naked, Wiper, dan Asam Scratch. Seattle kelompok Green River memilih untuk merekam Kering mereka sebagai tulang EP untuk label baru Pavitt pada bulan Juni 1986; Pavitt tidak mampu melepaskannya sampai tahun berikutnya. Ketika akhirnya dirilis, Kering sebagai tulang yang dipromosikan oleh Sub Pop sebagai "ultra-loose grunge yang merusak moral generasi" Juga pada tahun 1987, Jonathan Poneman disediakan $ 20.000 dalam pendanaan untuk Sub Pop untuk melepaskan Soundgarden single perdana "Hunted Down" / "No thing to say" pada bulan Juli 1987, diikuti oleh Hidup EP pertama band Menjerit bahwa Oktober, Poneman segera menjadi mitra penuh dalam label. Pavitt difokuskan pada seniman label dan aspek repertoar, sementara Poneman berurusan dengan masalah bisnis dan hukum. Kedua pria memutuskan ingin label mereka untuk fokus pada ""this primal rock stuff that was coming out," menurut Pavitt.


The "Seattle Sound"
Pada tahun 1988 awal Pavitt dan Poneman berhenti dari pekerjaan mereka untuk mencurahkan perhatian penuh mereka untuk Sub Pop. Meningkatkan $ 43.000,  "Kami hampir bangkrut setelah satu bulan" Pada bulan Agustus itu Sub Pop merilis single pertama oleh Mudhoney, sebuah band yang menampilkan mantan anggota Green River. Sub Pop Mudhoney merilis single "Touch Me Iam sick" dalam pertama, sengaja terbatas menekan dari 800 salinan untuk menciptakan permintaan. Strategi ini kemudian diadopsi oleh label independen lain tersebut.
Pavitt dan Poneman dipelajari sebelumnya label independen mulai dari Motown Records SST dan memutuskan bahwa hampir setiap gerakan yang sukses dalam musik rock memiliki dasar daerah. Pasangan ini berusaha untuk menciptakan identitas merek kohesif untuk Sub Pop. Iklan label dipromosikan label itu sendiri lebih dari band tertentu. Label ini juga berusaha untuk memasarkan sebuah "Seattle Sound", yang dilakukan dengan bantuan produser Jack Endino, yang memproduksi 75 single, album, dan EP untuk Sub Pop antara 1987 dan 1989. Endino tercatat murah dan cepat;. Untuk beroperasi dengan cara ini, ia memanfaatkan beberapa teknik studio yang konsisten, yang memberikan catatan suara yang sama.

Pada November 1988 Sub Pop merilis "Love Buzz", debut tunggal oleh Aberdeen, Washington Nirvana band, sebagai entri pertama di Club single Sub Pop, sebuah layanan berlangganan yang memungkinkan pelanggan dapat menerima single oleh label secara bulanan dengan mail. Pada puncaknya pada tahun 1990, klub itu memiliki dua ribu pelanggan.  Klub ini dibuat Sub Pop kekuatan dalam adegan Seattle, dan efektif membuat nama label identik dengan musik Seattle, dengan cara yang sama Motown catatan adalah untuk Detroit dan membantu untuk mengamankan arus kas label. serial aslinya dihentikan pada tahun 1993, diikuti oleh Club Single V.2, diluncurkan pada tahun 1998 dan dihentikan pada tahun 2002.
Mengingat bahwa mengumpulkan perhatian pers musik arus utama Amerika adalah sulit bagi semua tapi label indie terbesar, Pavitt dan Ponemen mengambil inspirasi dari band-band alternatif seperti Sonic Youth, Surfers Butthole, dan Dinosaur Jr dan berusaha untuk mempublikasikan label melalui musik Inggris . Pada bulan Maret 1989, Pavitt dan Poneman terbang bersama wartawan Everett ke Seattle untuk menulis artikel tentang dunia musik lokal. Sebagai Pavitt telah mengantisipasi, pers Inggris menjadi terpikat dengan Sub Pop dan suara grunge. Pavitt berkata, "Aku benar-benar merasa bahwa orang Inggris dan Eropa ingin melihat sesuatu yang susah diatur dan yang lebih dari suatu pola dasar Amerika - sesuatu yang benar-benar mendasar dan benar-benar menarik dari akar rock & roll, yang sangat Amerika. Poneman menjelaskan keberhasilan label:". Ini kan bisa terjadi di mana saja, tapi ada satu set yang beruntung kebetulan Charles Peterson di sini untuk mendokumentasikan tempat kejadian,
Ketika Nirvana pindah ke Geffen Records, Sub Pop menerima royalti dari penjualan Nevermind yang membuat label akan selama bertahun-tahun setelah itu. Sebuah ketentuan juga dilaksanakan di mana piringan hitam Nirvana diminta untuk membawa logo Sub Pop yang bersama Geffen. Setelah sukses arus utama Nirvana, banyak band grunge yang sukses meninggalkan Sub Pop untuk label rekaman besar. Segera setelah itu, perusahaan patungan dibentuk dengan Warner Bros Records (yang didistribusikan Geffen sejak label yang didirikan pada tahun 1980, setelah 10 tahun di bawah Warner, Geffen dijual kepada MCA Music Entertainment Group), dengan demikian mengakhiri statusnya sebagai Sub Pop yang sama sekali independen label.
Poneman dan Pavitt memiliki perselisihan tentang arah label harus mengambil, dengan Poneman ingin label untuk menjadi lebih besar dan membuat lebih banyak uang. Pada tahun 1996., Tidak bisa mengambil budaya perusahaan yang baru mengikuti kemitraan Warner, Bruce Pavitt meninggalkan label dan mampu untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya . Perpecahan antara Pavitt dan Poneman tidak bersahabat, dan mereka tidak bicara selama tujuh tahun. 

Label membuka kantor di seluruh dunia dan mulai investasi besar dalam artis baru, tapi tanpa mencapai sukses komersial yang besar, mendorong skala ke bawah dan kembali ke Seattle.
Pada tahun 2006, Rekaman Sub Pop menjadi label Hijau-e rekaman pertama bersertifikat. Melalui kerja dengan program Green-e dan Bonneville Environmental Foundation, Sub Pop "greened" label mereka dengan membeli sertifikat energi terbarukan yang cukup untuk mengimbangi 100 persen dari listrik yang mereka gunakan di kantor mereka, menunjukkan komitmen mereka untuk menempatkan energi terbarukan di mainstream sebagai cara konsumen dapat mengambil tindakan untuk melakukan sesuatu tentang pemanasan global.
Sub Pop memiliki catatan platinum dua, Bleach Nirvana, dan Flight of Flight yang Conchords terhadap Conchords, serta dua catatan emas, The Shins' Wincing the Night Away. The Shins' "Logat Baru" has gone gold, and The Postal Service's digital single for "Such Great Heights" has gone platinum. Pada tanggal 31 Januari 2007, Sub Pop mengumumkan bahwa The Shins' third 'full-length untuk Sub Pop, wincing Night Away, debut di nomor dua di tangga lagu Billboard, melaporkan penjualan minggu pertama 117.991 (35K dalam penjualan digital). Ini adalah pertama kalinya setiap album dalam sejarah Sub Pop yang pernah memetakan dalam sepuluh besar atau patah 100.000 di minggu pertama penjualan.


copy: lentenkgrunge.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar